-->
LWF9NqR4Map6Max5NWZ8LGxbx7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANSIMPLE103

ALIH FUNGSI BATUAN BREKSI




Siapa yang mengira bahwa tempat industri batu bisa disulap menjadi tempat wisata yang sangat populer di Yogyakarta?, sekelompok warga yang mengelola tempat tersebut memberikan nama “Tebing Breksi”.Tebing breksi merupakan salah satu objek wisata favorit di Yogyakarta. Tempat bekas industri batu kini dirubah menjadi ukiran ukiran yang indah dan dihias dengan properti properti yang mendukung sehingga tampak eksotis.Setiap hari selalu ada warga yang datang ke Tebing Breksi, baik untuk berwisata, membuat penelitian, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan yang disuguhkan.

Awalnya tebing breksi ini digunakan untuk beroprasi para pekerja industri batu, tempat tersebut dimanfaatkan batunya untuk dijual atau diolah menjadi kerajinan, namun pada sekitar tahun 2014-2015, pemerintah memberhentikan kegiatan operasi didalam tempat tersebut sampai suatu saat tempat tersebut sedikit terbengkalai dan kurang terawat. Masyarakat setempat mengelola tempat dengan baik, mereka menjadikan tempat tersebut menjadi objek wisata yang unik dan menarik, dan menariknya lagi meskipun saat ini telah banyak properti properti yang sangat bagus didukung dengan spot spot foto yang disediakan, 

Biaya tiket masuk di tebing breksi ini masih menggunakan sistem sukarela, sehingga pengunjung tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk menikmati pemandangan dari atas disertai batu-batuan yang artistik.

Tebing breksi ini tidak hanya cocok untuk berwisata saja, namun kadang juga tidak jarang pengunjung yang memanfaatkan tempat tersebut untuk acara outbond, acara-acara pertunjukan, acara musik, dan sebagainya.

Tema alam menjadi opsi yang tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata yang bertema bangunan tua, edukasi, dan sebagainya. Dalam rute Tebing breksi, terdapat wisata lain yang masih seragam dengan Tebing breksi, antara lain terdapat candi ijo yang bertema bangunan tua namun masih bisa merasakan nuansa nuansa alam didalamanya.



Firdan Ardhiyansyah


Share This Article :
Skuyvisit
854229797778005972