-->
LWF9NqR4Map6Max5NWZ8LGxbx7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANSIMPLE103

BENTENG PENDEM, SAKSI BISU SEJARAH INDONESIA

wisata bangunan tua kali ini berasal dari wilayah Cilacap, Jawa Tengah. Tempat ini dikenal masyarakat sebagai benteng pendem. Benteng pendem merupakan salah satu peninggalan sejarah penjajahan Indonesia.

Cilacap sebagai salah satu tempat yang dituju para kolonial Belanda karena daerah Jawa dianggap sebagai tempat  pertahanan, maka dari itu Belanda memutuskan untuk mendirikan pos di cilacap yang kita kenal sekarang dengan benteng pendem ini.





Benteng Pendem merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada abad ke 18 atau tepatnya pada tahun 1816 oleh pemerintahan hindia Belanda. Sebelum dijuluki dengan nama benteng pendem nama asli dari kawasan ini adalah Kustbatterij op de landtong te cilacap yang artinya benteng di atas tanah dan menjorok ke laut menyerupai lidah.

Bangunan ini dahulu digunakan sebagai Kantor pemerintahan Hindia Belanda dan markas pertahanan Kolonial Belanda. Berdiri di luas lahan 6,5 ha dan masa pembangunannya membutuhkan waktu sekitar 18 tahun. Digunakan sebagai markas penuh pada tahun 1879.

Dinamakan dengan benteng pendem karena, benteng ini letaknya berada di dalam tanah. Benteng ini dahulu sangat terbengkalai, tidak layak karena, tertutup oleh pasir pantai. Maklum saja, keberadaan dari benteng dekat dengan pantai teluk penyu.

Pada tahun 1986, pengelolaan benteng ini pun akhirnya diambil oleh pemerintah cilacap. Bangunan ini kemudian digali dan dibersihkan. Sehingga, saat ini Kawasan benteng pendem menjadi ikon wisata dari Cilacap.

Menurut kabar dari dinas pariwisata bahwa benteng ini memang belum sepenuhnya tergali. Sebagian bangunannya masih berada di dalam tanah. Membutuhkan dana dan waktu yang cukup besar untuk melihat bangunan ini berdiri secara utuh.
Share This Article :
Skuyvisit
854229797778005972