-->
LWF9NqR4Map6Max5NWZ8LGxbx7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANSIMPLE103

EXPLORE DIENG

Dieng merupakan dataran tinggi yang berada di Jawa Tengah dan menjadi bagian dari penggunungan vulkanik aktif yang ada di Jawa. Daratan yang memiliki ketinggian di atas 2.000 mdpl ini mencakup kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.
Daerah yang tinggi dan lingkungan yang asri yang membuat tempat ini sering dikenal dengan tempat yang dingin.

Sebagai salah satu kewasan wisata Jawa Tengah, Dataran Tinggi Dieng memiliki destinasi atau objek wisata yang tidak sedikit. Di tempat ini pengunjung akan disuguhkan dengan alam hijau dengan masyarakat yang bersikap ramah dan lahan pertanian yang bertingkat-tingkat sepanjang bukit. Karena lokasinya yang cukup strategis yaitu terletak di tengah Pulau Jawa, maka pengunjung dari berbagai kota besar di Pulau Jawa mudah untuk mengakses tempat ini.

Ada banyak sekali wisata yang ada di tanah dieng ini yang mungkin bisa memanjakan mata anda dengan keindahan dan panoramanya. Selain itu juga bisa belajar sejarah, karena kebanyakan wisata yang ada di dieng ini kebanyakan mengandung sejarah dan juga mistis yang masih kental seperti :

Candi Arjuna
Dalam sejarahnya, Candi Arjuna merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno dan dibuat untuk menyembah Dewa Syiwa. Ketinggianya yang berada lebih dari 2.000 mdpl membuat candi ini tanpak mempesona dengan suasana penggunungan Dieng yang dingin.
Dalam kawasan Candi Arjuna, terdapat lima buah candi yang saling berjajar lurus. Selain itu taman yang berada di sekitar candi pun terlihat bersih sehingga pengunjung dapat bersantai sambil bencengkarama di atas rerumputan.
Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat mengabadikan liburanya dengan kebudayaan yang kental dalam komplek candi yang ditemulakan oleh orang Inggris pada tahun 1814 ini.
Kemudian ada lagi yang keren yaitu Dieng Culture Festival (DCF) selalu diadakan di komplek candi terbesar yang ada di Dieng ini. Dcf itu seperti adat yang dilakukan setiap setahun sekali jadi adat itu seperti hal yang sangat sakral karena dalam adat itu ada kegiatan seperti cukur rambut gimbal, penghanyutan rambut ditelaga warna kemudian sebagai hiburan ada musikalisasi jazz dan banyak band terkenal yang tampil disana dan biasanya ada penerbangan beribu-ribu lampion untuk menghiasi keindahan langit di dieng tersebut.
Banyak para wisatawan yang jauh untuk melihat keindahan dieng bahkan mancanegarapun banyak yang datang karena biasanya berlangsung selama tiga hari jadi para wisatawan banyak yang datang jauh-jauh hari dan menginap di hotel ataupun homestay untuk menghindari kemacetan.



Telaga Warna
Salah satu objek wisata andalan yang dapat kamu jumpai ketika mengunjungi Dieng Platue adalah Telaga Warna yang berada di Kejajar, Wonosobo ini. Objek wisata ini akan memanjakan mata pengunjung dengan danau kecil yang memiliki berbagai warna akibat dari belerang yang banyak terdapat di Dataran Tinggi Dieng.
Bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk mengunjungi tempat ini, maka sempatkan waktu untuk berfoto-foto terlebih dahulu karena pemandangan yang ditawarkan sangat berkesan dan mempesona.
Di pinggiran danau disedikan jembatan kecil dari kayu yang dapat digunakan sebagai spot foto yang menarik. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat beberapa goa yang memiliki akar sejarah yang kental bagi masyarakat setempat dan berada di satu komplek dengan Telaga Warna tersebut.

Share This Article :
Skuyvisit
854229797778005972